Selasa, 28 September 2010

SATUAN ACARA PERKULIHAN


SATUAN ACARA PERKULIHAN

Satuan Pendidikan                                   : STAI Nurul Hidayah Selatpanjang
Mata Kuliah                                            : Desain Evaluasi Pendidikan
Kode / Sks                                               :          / 2 Sks
Jurusan                                                    : Pendidikan Agama Islam
Semester                                                  : Ganjil
Jenis Mata Kuliah                                   : Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK)
Dosen Pengampu                                    : Khairan Efendi

A.      Standar Kompetensi       : Mengenal Konsep Dasar Evaluasi

TATAP MUKA/ KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
INDICATOR HASIL BELAJAR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
Referensi
I & II Memahami Konsep Dasar Evaluasi
1.  Pengertian, tujuan dan manfaat evaluasi pembelajaran
2.  Konsep Dasar Penilaian KTSP

-   Menjelaskan Pengertian Evaluasi
-   Memahami hakikat evaluasi dalam pembelajaran
-   Menyebutkan tujuan,fungsi, dan manfaat evaluasi pembelajaran
-   Memahami karakteristik penilaian pada KTSP
Ekspoiteri, Tanya jawab, diskusi, dan tugas merangkum
Tes lisan
Tugas kelompok
1,3,4,5,7, dan 8

B.       Standar Kompetensi       : Menguasai Teknik Penyusunan dan Pelaksanaan Penilaian dalam Proses Pembelajaran

TATAP MUKA/ KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
INDICATOR HASIL BELAJAR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
Referensi
III,IV & V Menyusun soal-soal berbagai jenis tagihan
3. Jenis tagihan penilaian KTSP
a. Penilaian Unjuk Kerja
b. Penilaian Proyek
c. Penilaian Produk
d. Penilaian Portofolio
e. Penilaian Tertulis
f. Penilaian Sikap
g. Penilaian diri

-   Menjelaskan aspek-aspek penilaian (kognitif, afektif dan psikomotor)
-   Merancang penilaian unjuk kerja
-   Merancang penilaian proyek
-   Merancang penilaian produk
-   Merancang penilaian portofolio
-   Menulis redaksi butir soal pada tes tertulis
-   Menguasai teknik menilai sikap (afektif)
Tela’ah materi, Tanya jawab, latihan merancang soal pada jenis tagihan tertentu dan prosentase
Tugas individu dan
Tugas kelompok
1,3,6 dan 7
VI & VII
4
-    




C.        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar