SATUAN ACARA PERKULIHAN
Satuan Pendidikan : STAI Nurul Hidayah Selatpanjang
Mata Kuliah : Desain Evaluasi Pendidikan
Kode / Sks : / 2 Sks
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semester : Ganjil
Jenis Mata Kuliah : Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK)
Dosen Pengampu : Khairan Efendi
A. Standar Kompetensi : Mengenal Konsep Dasar Evaluasi
TATAP MUKA/ KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | INDICATOR HASIL BELAJAR | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | Referensi |
I & II Memahami Konsep Dasar Evaluasi | 1. Pengertian, tujuan dan manfaat evaluasi pembelajaran 2. Konsep Dasar Penilaian KTSP | - Menjelaskan Pengertian Evaluasi - Memahami hakikat evaluasi dalam pembelajaran - Menyebutkan tujuan,fungsi, dan manfaat evaluasi pembelajaran - Memahami karakteristik penilaian pada KTSP | Ekspoiteri, Tanya jawab, diskusi, dan tugas merangkum | Tes lisan Tugas kelompok | 1,3,4,5,7, dan 8 |
B. Standar Kompetensi : Menguasai Teknik Penyusunan dan Pelaksanaan Penilaian dalam Proses Pembelajaran
TATAP MUKA/ KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | INDICATOR HASIL BELAJAR | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | Referensi |
III,IV & V Menyusun soal-soal berbagai jenis tagihan | 3. Jenis tagihan penilaian KTSP a. Penilaian Unjuk Kerja b. Penilaian Proyek c. Penilaian Produk d. Penilaian Portofolio e. Penilaian Tertulis f. Penilaian Sikap g. Penilaian diri | - Menjelaskan aspek-aspek penilaian (kognitif, afektif dan psikomotor) - Merancang penilaian unjuk kerja - Merancang penilaian proyek - Merancang penilaian produk - Merancang penilaian portofolio - Menulis redaksi butir soal pada tes tertulis - Menguasai teknik menilai sikap (afektif) | Tela’ah materi, Tanya jawab, latihan merancang soal pada jenis tagihan tertentu dan prosentase | Tugas individu dan Tugas kelompok | 1,3,6 dan 7 |
VI & VII | 4 | - |
C.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar