Minggu, 17 Oktober 2010

Silabus Strategi Pembelajaran PAI

Silabus Strategi Pembelajaran PAI
SILABUS MATA KULIAH         : STRATEGI PEMBELAJARAN PAI KODE MATA KULIAH     : JURUSAN         : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PROGRAM         : S.1 SKS            : 2 SKS DESKRIPSI TUJUAN TOPIK INTI
silAbus
1. KONSEP STRATEGI PEMBELAJARAN 2. BERBAGAI PENDEKATAN DALAM BELAJAR MENGAJAR 3. BENTUK KOMUNIKASI DALAM PROSES INTRAKSI EDUKATIF ( TENAGA    PENGAJAR ) 4. SIKAP DAN PROFESI GURU DALAM PROSES BELAJAR   MENGAJAR 5. KETERAMPILAN-KETERAMPILAN DALAM PENGAJARAN
6. AZAZ-AZAZ UMUM DALAM PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN METODE
7. KEBERHASILAN BELAJAR MENGAJAR
8. PENERAPAN KOMPETENSI KEGURUAN DALAM PEMBELAJARAN
9. PRAKTEK KEGURUAN DI DALAM KELAS


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NH SELATPANJANG DISAMPAIKAN PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN PAI SEMESTER GENAP 2008/2009
OLEH
KHAIRAN EFENDI
DOSEN STAI NH SELATPANJANG 2006 - SEKARANG
ALUMNI SDN 036 SUNGAI TENGAH 1993
ALUMNI MTs AL-MUKARROMAH SEI ANAK KAMAL 1996
ALUMNI MAN SELATPANJANG 1999
ALUMNI D2 JURUSAN PGSD.MI STAI NH SELATPANJANG 2004
ALUMNI S.1 JURUSAN PAI STAI NH SELATPANJANG 2006
MAHASISWA PASCA SARJANA S2 UIN SUSKA RIAU PEKANBARU 2009

KONSEP STRATEGI PEMBELAJARAN

PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN

BEBERAPA PENDAPAT TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN YANG DIKUTIP DARI BEBERAPA REPERENSI SEBAGAI BERIKUT :

STRATEGI PEMBELAJARAN DAPAT DIARTIKAN SEBAGAI PERENCANAAN YANG BERISI TENTANG KEGIATAN YANG DI DESAIN UNTUK MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN TERTENTU. ( J.R DAVID 1976 )

STRATEGI DAPAT JUGA DIARTIKAN SUATU GARIS BESAR-GARIS BESAR HALUAN UNTUK BERTINDAK DALAM USAHA MENCAPAI SASARAN YANG TELAH DITENTUKAN
 ( SYAIFUL BAHRI DJAMARAH )

STRATEGI PEMBELAJARAN DAPAT DIARTIKAN SEBGAI SETIAP KEGIATAN YANG DIPILIH, YAITU YANG DAPAT MEMBERIKAN FASILITAS ATAU BANTUAN KEPADA PESERTA DIDIK UNTUK MENUJU TERCAPAINYA TUJUAN PEMBELAJARAN TERTENTU
( KOZNA 1989 )






KONSEP STRATEGI PEMBELAJARAN
GERLACH DAN ELY ( 1980 ), STRATEGI PEMBELAJARAN MERUPAKAN CARA-CARA YANG DIPILIH UNTUK MENYAMPAIKAN METODE PEMBELAJARAN DALAM LINGKUNGAN PEMBELAJARAN TERTENTU, SELANJUTNYA DIJABARKAN OLEH MEREKA BAHWA STRATEGI PEMBELAJARAN DIMAKSUD MELIPUTI SIFAT LINGKUNGAN DAN URUTAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG DAPAT MEMBERIKAN PENGALAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK
GROPPER ( 1990 ) MENGATAKAN BAHWA STRATEGI PEMBELAJARAN MERUPAKAN PEMILIHAN ATAS BERBAGAI JENIS LATIHAN TERTENTU YANG SESUAI DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN YANG INGIN DICAPAI
MEMPERHATIKAN BEBERAPA PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN DIATAS MAKA DAPAT DIARTI SEBAGAI CARA-CARA YANG AKAN DIPILIH DAN DITERAPAKAN DALAM PENYAMPAIAN MATERI PEMBELAJARAN YANG BERLANGSUNG DIDALAM KELAS
KONSEP STRATEGI PEMBELAJARAN
MENGINDENTIVIKASIKAN SERTA MENETAPKAN SPESIFIKASI DAN KUALIFIKASI PERUBAHAN TINGKAH LAKU
MEMILIH SISTEM PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN ASPIRASI DAN PANDANGAN HIDUP MASYARAKAT
MEMILIH DAN MENETAPAKAN PRESEDUR, METODE, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN  YANG DIANGGAP PALING TEPAT DAN EFEKTIF
MENETAPKAN NORMA-NORMA DAN BATAS MINIMAL KEBERHASILAN ATAU KRETERIA SEBAGAI PEDOMAN OLEH GURU DALAM MELAKUKAN EVALUASI
KONSEP STRATEGI PEMBELAJARAN
KONSEP STRATEGI PEMBELAJARAN
A.    Konsep dasar strategi pembelajaran
Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku
Menentukan pilihan berkenaan dengan pendekatan terhadap masalah pembelajaran
Memilih prosedur, metode, dan teknik pembelajaran dan
Menerapkan norma dan kreteria keberhasilan kegiatan pembelajaran

B.     Sasaran kegiatan pembelajaran

Pengembangan bakat secara optimal
Hubungan antra manusia
Efesiensi ekonomi
Tanggung jawab selaku warga negara

C.     Pembelajaran sebagai suatu sistem

Tujuan
Bahan
Siswa
Guru
Metode
Situasi
evaluasi

 

D. Hakikat proses pembelajaran
       Belajar adalah proses perubahan perilaku  berkat pengalaman dan latihan, hal tersebut menyangkut, tujuan kegiatan, perubahan tingkah laku, pengetahuan, keterampilan, sikap, organisasi, atau pribadi

E. Enterting behavior siswa
    Hasil kegiatan proses belajar mengajar tercermin dalam perubahan perilaku, baik meterial-subtansial, sutruktural-fungsional.

    Menurut abin syamsuddin diidentifikasi sebagai berikut :

Secara tradisional, telah lazim para guru mulai dengan pertanyaan mengenai bahan yang pernah diberikan sebelum menyajikan bahan baru
Secara inovatif, guru tertentu diberbagai lembaga pendidikan yang memiliki atau mengembangkan instrumen pengukuran prestasi belajar dengan memenuhi syarat, mengadakan pre-test sebelum mereka memulai mengikuti program pembelajaran



F.   Memilih Sistem Pembelajaran
Enquiri discovery learning
    Belajar diatas itu merupakan belajar mencari sendiri. Misalnya simulasi, prablem statemen,data colletion,data procesing,verification, dan generalization.
Ekspository learning
    pembelajaran seperti ini guru menyiapkan dan menyajikan materi siswa tinggal menyimak apa yang disampaikan oleh guru. Sistem ini melewati beberapa presedur diantaranya adalah, preparasi,apersipsi,presentase dan resitasi
Mastery learning
    dalam kegiatan ini guru harus mengusahakan upaya2 yang dapat mengantarkan kegiatan anak didik kearah tercapainya penguasaan yang penuh terhadap bahan pelajaran yang diberikan



Humanitic education
    sistem ini adalah kecerdasan para siswa sangat bervariasi secara individual, guru diharapkan mengerti dan memilah siswa yang cerdas dan yang kurang cerdas

Pengorganisasian kelompok belajar
    disarankan kepada guru untuk mengorganisasikan kelompok belajar yang terdiri 1 orang=N1/ N2=2-20/N lebih dari 40 orang
KONSEP STRATEGI PEMBELAJARAN
G. Implementasi pembelajaran
Tahap-tahap pengelolaan dan pelaksanaan dalam pembelajaran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar